Akhir Juni, Bali Targetkan Vaksinasi Capai 70 Persen

  • Whatsapp
SEKRETARIS Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Made Rentin saat memberikan keterangan pers di Denpasar, Kamis (8/4/2021). foto: ist

DENPASAR – Pemerintah Provinsi Bali melalui Satgas Penanganan Covid-19 menargetkan akhir Juni 2021 progres vaksinasi telah selesai 70 persen. Angka 70 persen itu untuk memenuhi herd immunity sebesar 2,8 juta dari total jumlah penduduk Bali sebanyak 4,3 juta jiwa.

Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Made Rentin, mengatakan, pada periode akhir Juni, kelompok yang masuk vaksinasi harus sudah mendapatkan suntikan kedua.

Bacaan Lainnya

“Itu target bapak Gubernur, angka 2,8 juta jiwa dibuatkan jadi 3 jiwa. Itulah secara teori di dunia kesehatan sudah terbentuk herd immunity atau kekebalan komunal,” kata Made Rentin di Denpasar, Kamis (8/4/2021).

Sampai saat ini, kata Rentin, pencapaian vaksinasi untuk kelompok tenaga kesehatan mencapai 112 persen. Sedangkan, vaksinasi untuk kelompok lansia baru tercapai 18 persen dari 340 ribu lansia yang terdata di Bali.

Rentin menegaskan, diperlukan kesadaran dari kelompok lanjut usia untuk mengikuti vaksinasi. Dikatakan, meski seseorang sudah mendapatkan vaksin, tapi masih ada potensi tertular Covid-19. Hanya saja, risiko lebih kecil dibandingkan yang belum mendapatkan vaksin.

Ia mencontohkan, banyak kasus terjadi, pascavaksinasi, masih ada yang tertular Covid-19. Menyikapi potensi itu, orang yang telah mendaptkan suntikan vaksin, tetap wajib menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga :  Adaptasi Kenormalan Baru, Taekwondo Agendakan Pelatnas 1 Juni

“Analoginya begini, orang yang belum vaksin memiliki tiga kali risiko tertular dibandingkan orang yang sudah divaksin,” pungkasnya. alt

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.