SEA Games 2021 Vietnam Ditutup, Sampai Jumpa di Kamboja 2023

SEJUMLAH penari tampil dalam acara penutupan SEA Games 2021 Vietnam di Vietnam Asian Indoor Games Stadium, Hanoi, Vietnam, Senin (23/5/2022). SEA Games 2021 Vietnam resmi ditutup dan selanjutnya Kamboja akan menjadi tuan rumah SEA Games ke-32 pada 2023. foto: antaranews

HANOI – Pelaksanaan SEA Games 2021 Vietnam yang telah digelar sejak 12-22 Mei resmi ditutup oleh Perdana Menteri Republik Sosialis Vietnam Pam Minh Chinh dalam upacara penutupan di Vietnam Asian Indoor Games Stadium, Hanoi, Senin (23/5/2022) malam. Berakhirnya SEA Games 2021 ditandai dengan pemadaman api kaldron di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam.

Perdana Menteri Pam Minh Cinch menyampaikan salam perpisahan kepada para atlet dan semua pihak yang telah terlibat dalam SEA Games 2021. Ia mengapresiasi para atlet yang telah melalui kompetisi dengan menjunjung sportivitas.

Bacaan Lainnya

“Ada senyum, kegembiraan, dan kemenangan. Ada air mata, kesedihan dan penyesalan ketika hasil yang diharapkan belum tercapai. Namun yang terpenting semua atlet berusaha sebaik mungkin,” kata Pam Minch Cinch.

“Ini adalah kemenangan bagi kita semua, kemenangan jiwa olahraga yang jujur, tidak memihak, murni dan mulia,” tambah dia, seperti dikutip posmerdeka.com dari antaranews.

Tuan rumah Vietnam menjadi juara umum SEA Games ke-31 dengan meraih 205 emas, 125 perak, dan 116 perunggu, diikuti Thailand yang finis di posisi kedua dengan 92 emas, 103 perak, dan 136 perunggu.

Baca juga :  Waduh! Bali Tambah 182 Orang Positif Covid-19 dalam Dua Hari Beruntun

Sementara itu, Indonesia yang menerjunkan berkekuatan 499 atlet dari 32 cabang olahraga, menempati peringkat ketiga klasemen akhir perolehan medali dengan koleksi 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Catatan tersebut lebih baik dibanding edisi sebelumnya di Filipina saat kontingen Merah Putih finis di urutan keempat.

SEA Games 2021 Vietnam juga menjadi catatan sejarah menandai untuk pertama kalinya bola basket putra Indonesia meraih medali emas, mematahkan dominasi Filipina yang selalu menempati podium teratas dalam 13 edisi terakhir kejuaraan kawasan Asia Tenggara itu.

Sampai Jumpa di Kamboja
Disela acara penutupan, Ketua Komite Olimpiade Vietnam Nguyen Van Hung menyerahkan bendera SEA Games Federation kepada Ketua Komite Olimpiade Kamboja Khon Thong, menandai SEA Games ke-32 selanjutnya akan digelar di Kamboja pada 2023 mendatang.

Sebelum penyerahan bendera SEA Games, didahului dengan penurunan bendera SEA Games Federation, yang kemudian dilanjutkan dengan perwakilan atlet Vietnam yang membawa bendera bergambar 11 cincin itu kepada Ketua Komite Olimpiade Vietnam Nguyen Van Hung.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Kamboja “Nokor Reach.” “SEA Games merupakan jembatan pertemanan untuk mengatasi tantangan bersama, di mana tuan rumah dapat mempromosikan negaranya, yang akan digelar di negara indah dan kaya budaya, Kamboja,” ujar pembawa acara.

Vietnam menyampaikan perpisahan tersayang dan terhangat kepada semua peserta dalam upacara penutupan SEA Games Hanoi Vietnam yang berlangsung selama 90 menit.

Baca juga :  Menpora Hanya Kirim Cabor Prioritas ke SEA Games Vietnam

Jika pada upacara pembukaan menampilkan pertunjukan massal dan efek visual yang spektakuler, penutupan akan menjadi acara yang lebih nyaman dan bersahabat dengan moto “datang bersama untuk bersinar”.

Para atlet telah melalui banyak kompetisi dan menunjukkan bakat dan kemampuan, sehingga upacara penutupan akan menjadi momen bagi semua orang untuk menghormati dan mengapresiasi mereka, serta untuk meningkatkan sportivitas.

Layar LED dengan panjang 580 meter dalam ruangan dipasang untuk acara tersebut dan ada panggung utama di tengah seluas 611 meter persegi. Ada juga dua panggung di samping seluas 315 meter persegi untuk menciptakan efek suara dan cahaya terbaik.

Ada pula pertunjukan musik yang menampilkan lagu-lagu daerah Vietnam “quan ho” , “Moi trau” , “Gia ban”, dan “Nguoi oi nguoi o dung ve.” Penyanyi kontemporer kenamaan seperti Uyen Linh, Van Mai uong, dan Duong Hoang Yen tampil di atas panggung menyemarakan acara penutupan tersebut. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.