Parwata Dukung Sanggar Seni Kebo Iwa Pentas di Yogyakarta

  • Whatsapp
KETUA DPRD Badung Putu Parwata memberikan dukungan terhadap pekerja seni Sanggar Seni Kebo Iwa, Banjar Kwanji Kelod, Sempidi yang akan pentas di Yogyakarta. Foto: ist

MANGUPURA – Ketua DPRD Badung, Putu Parwata; didampingi anggota Komisi IV Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, Senin (1/11/2021) menerima audiensi Sanggar Seni Kebo Iwa, Banjar Kwanji Kelod, Sempidi. Kedatangannya memohon dukungan terkait undangan berpartisipasi dalam pentas seni dan pameran payung di Kota Yogyakarta.

Menurut Ketua Sanggar Seni Kebo Iwa I Nyoman Mariyana; didampingi Ketua Panitia Surya Darma dan Sekretaris, Resya Saputra, panitia penyelenggara di Yogyakarta hanya mampu menyediakan panggung artistik dan konsumsi setelah pentas. “Selain dua hal tersebut, pesertalah yang menanggungnya,” ujar Nyoman Mariyana didampingi staf protokol Subhan.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, pihaknya menghadap Ketua DPRD Badung dan memohon bantuan serta fasilitasi terhadap kebutuhan sanggar sehingga bisa berpartisipasi di pentas seni Yogyakarta. “Kami berharap bantuan transportasi serta akomodasi dan kepentingan lainnya yang bisa difasilitasi maupun dibantu,” tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Putu Parwata menyambut baik rencana Sanggar Seni Kebo Iwa berpartisipasi dalam ajang seni di Yogyakarta. “Mereka akan melakukan road show (safari) pada bulan Desember dan kami diminta untuk memfasilitasi,” ujarnya.

Sebagai Ketua DPRD Badung yang ikut juga dalam Pemerintahan Kabupaten Badung, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Badung tersebut sangat memberikan apresiasi dan dorongan yang setinggi-tingginya dan semaksimal mungkin kepada sangar-sanggar yang memiliki potensi.

Baca juga :  Rapat Paripurna DPRD, Bupati Tamba Komitmen Genjot PAD Jembrana

”Sanggar-sanggar ini merupakan simbol daripada kehidupan kita, orang Bali. Simbol kehidupan kita di Kabupaten Badung. Makanya kalau orang Bali harus mengenal budaya dan harus tetap ikut melestarikan budaya,” tegasnya.

Inilah kepedulian anak-anak muda. Dengan demikian, Parwata menyatakan akan memberikan dorongan supaya dia terus berkreasi. Di samping dia mempertahankan yang namanya adat dan budaya, ini juga menjadi salah satu destinasi tourism.

Harapannya ini yang bisa menarik karena ekonomi kita berbasis pariwisata. “Ini yang kita dorong,” tegasnya sembari menambahkan, atraksi-atraksi budaya baru ini bisa ditampilkan sebagai destinasi baru di Kabupaten Badung.

Ditanya fasilitas apa yang diberikan, Parwata menyatakan, mendukung dari sisi transportasinya. Semua peserta sekitar 15 orang diberikan bantuan tiket pesawat Denpasar-Yogyakarta PP serta akomodasi. Selain Parwata, anggota Komisi IV DPRD Badung, Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, juga memberikan bantuan tunai kepada sanggar seni tersebut. nas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.