Gerakkan Transaksi UMKM, Ramerame.co.id Sebar Voucer Tebus Murah

  • Whatsapp
STARTUP digital asli Bali ramerame.co.id meluncurkan fitur promo #TebusMurahRamerame yang ditujukan untuk membantu pelaku UMKM di Bali bangkit dari keterpurukan. Foto: ist
STARTUP digital asli Bali ramerame.co.id meluncurkan fitur promo #TebusMurahRamerame yang ditujukan untuk membantu pelaku UMKM di Bali bangkit dari keterpurukan. Foto: ist

DENPASAR – Setelah berhasil mendirikan 14 unit usaha di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, startup digital asli Bali ramerame.co.id meluncurkan fitur promo #TebusMurahRamerame yang ditujukan untuk membantu pelaku UMKM di Bali bangkit dari keterpurukan. Pengembangan fitur ini berupa platform yang dapat digunakan para UMKM untuk membuat promo-promo yang tujuannya tidak lain meningkatkan awareness dan dan tentunya meningkatkan penjualan.

Promo ini berupa voucer tebus murah yang akan diluncurkan pada 10 Oktober 2021. Dalam peluncurannya seluruh voucer akan bernilai Rp1.000 dengan lebih dari seribu buah voucher dari berbagai merchant yang tersebar di berbagai kabupaten/kota di Bali, termasuk 14 unit usaha yang telah terbangun melalui ramerame.co.id.

Bacaan Lainnya

Syarat untuk mendapatkan voucer ini dapat dilakukan dengan mendaftar melalui website www.ramerame.co.id dan melengkapi account sehingga otomatis akan menjadi member.

Founder dan CEO ramerame.co.id, I Gusti Putu Bayu Susila, menjelaskan, program ini dibuat sebagai salah satu strategi untuk menggerakkan sektor UMKM di Pulau Dewata. BPS Bali mencatat selama semester I-2021, ekonomi Bali tumbuh negatif atau terkontraksi sedalam -3,73 persen.

Pertumbuhan yang lambat ini disebabkan oleh penurunan tajam pendapatan dari sektor utama Bali yaitu pariwisata. Jumlah wisatawan mancanegara di Bali telah menurun sejak awal pandemi hingga 99,97 persen pada Mei 2020. Bali mengalami kerugian sekitar Rp9,7 triliun setiap bulan dari sektor pariwisata saja. Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Sumber Daya Mineral Provinsi Bali, per 25 Mei 2020, sebanyak 71.313 tenaga kerja sektor formal di-PHK dan 2.570 orang kehilangan pekerjaan.

Baca juga :  Bupati: Tak Mau Ikut Tes Cepat Dilarang Jualan, 84 Pedagang Pasar Kidul Reaktif

Menurutnya, sektor UMKM memiliki peran sangat vital bagi perekonomian Bali bahkan ikut menjadi tulang punggung ekonomi daerah. Namun, seiring terjadinya kontraksi ekonomi akibat Covid-19, sektor UMKM juga tidak luput dari hantaman yang membuat mereka banyak terkendala dalam berusaha. Padahal, sektor ini menjadi gantungan harapan hidup banyak warga.

“Kami berupaya berkontribusi menggerakkan transaksi UMKM agar roda perekonomian terus berputar. Bagi sebagain orang mungkin melihat gerakan ini dinilai masih kecil, tetapi poin yang ingin kami sampaikan bahwa ini adalah salah satu gerakan kecil yang akan menjadi besar dan akan berdampak langsung bagi perputaran ekonomi Bali,” tuturnya.

Diakuinya pemerintah sudah melakukan upaya membantu UMKM di Bali untuk tetap tumbuh melalui berbagai program. Pihaknya berharap, dengan upaya kecil yang dilakukan oleh ramerame.co.id melalui tagar #TebusMurahRamerame dapat memberi sumbangsih bagi kebangkitan pelaku UMKM di Bali dari pandemi.

Bayu menegaskan awalnya pihaknya menciptakan fitur promo ini bertujuan untuk meningkatkan transaksi dari usaha-usaha yang dimiliki oleh member ramerame.co.id. Dia menegaskan bahwa usaha-usaha tersebut sepenuhnya dimiliki oleh anggota yang ikut berkolaborasi, dimana dengan semakin meningkat penjualannya akan berdampak positif terhadap profit yang akan diperoleh para kolaborator.

Dalam perkembangannya fitur ini juga bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM lainnya yang ingin tergabung sebagai merchant di ramerame.co.id untuk meningkatkan transaksi dari usaha-usahanya. “Saatnya pelaku UMKM untuk bangkit meskipun masih berat tetapi harapan itu ada dan terbuka lebar. Pengembangan fitur kami ini diharapkan bisa menginisiasi pihak lain termasuk pengusaha lokal untuk tergerak. UMKM harus terus digerakkan agar dapat menggerakkan perekonomian daerah khususnya Bali,” ujarnya.

Baca juga :  Mandalika Jadi Lokasi Tes Pramusim MotoGP, Bamsoet Nilai Kehormatan bagi Bangsa Indonesia

Ditambahkan pakar hukum dan juga saat ini sebagai Koordinator Program Studi Sarjana Ilmu Hukum Universitas Udayana yang tergabung sebagai tim legal dari platform ramerame.co.id, Dr. Made Gde Subha Karma Resen, SH., M.Kn., kiprah ramerame.co.id ini merupakan upaya mengangkat marwah kolaborasi. Hal ini bagian dari semangat kegotongroyongan dalam wadah demokrasi ekonomi yang berkelanjutan.

“Modal utama dalam berkolaborasi adalah trust dan prudent. Kepercayaan yang dibangun dengan mengutamakan prinsip kehati-hatian, sehingga kesiapan dalam melakukan mitigasi risiko  merupakan keandalan  ramerame.co.id, yang selalu mengindahkan transparansi dan aspek legal,” tegasnya. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.