Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Badung Gandeng Komunitas Rock

PESERTA sosialisasi pengawasan partisipatif menyatakan komitmen untuk mengawal Pemilu dan Pilkada 2024 dengan pengawasan partisipatif, Rabu (6/4/2022). Foto: ist

MANGUPURA – Pengawasan semua tahapan yang dijalankan merupakan hal terpenting dalam Pemilu maupun Pilkada. Berkaca dari hal tersebut, Bawaslu Badung menggandeng komunitas rock (Brother Rock Community/BRC dan Bali Music 21/BM’21) dan Kristiyasa Creative dalam sosialisasi pengawasan partisipatif, Rabu (6/4/2022).

Sosialisasi di Favehotel Kuta tersebut mengusung tema “Membangun Pemilih Kritis Berbasis Komunitas untuk Awasi Pemilu Berintegritas”.

Bacaan Lainnya

Koordinator Pengawasan Bawaslu Bali, Wayan Widyardana Putra, sebagai narasumber memberi apresiasi kemasan kegiatan yang digelar Bawaslu Badung.

Komisioner asal Karangasem ini juga mengatakan, kegiatan sosialisasi juga melibatkan alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) dengan tujuan berbagi pengalaman seputar pengawasan partisipatif.

“Kegiatan sosialisasi ini intinya membentuk komunitas pengawasan partisipatif dalam melakukan pengawasan tahapan pemilu yang akan datang. Dalam kegiatan ini dihadirkannya alumni SKPP bertujuan memberi semangat, dan membagi pengalaman mereka selama jadi kader pengawasan,” terangnya.

Kegiatan dipandu alumni SKPP dan dikemas secara atraktif, diselingi dengan gim serta peserta saling memperkenalkan komunitasnya. Alumni SKPP juga membagi peserta menjadi lima tim, dengan setiap tim berjumlah 10 peserta. Peserta diberi kuesioner untuk mengukur sejauh mana pengetahuan peserta seputar kepemiluan.

Dipenuhi suasana tawa dan penuh semangat, sosialisasi juga diselingi persembahan lagu dari komunitas BRC dan BM’21 untuk menghibur peserta.

Baca juga :  Update Covid-19 di Denpasar: Pasien Sembuh 6, Positif Bertambah 4 Orang, Kasus Aktif Masih 0,28 Persen

Dalam sesi terakhir, IGN Bagus Cahya Sasmita selaku inisiator kegiatan membahas hasil kuesioner yang dipandu SKPP, pula memberi apresiasi atas semangat dan antusias peserta.

Dia berkata sosialisasi tersebut merupakan program Bawaslu untuk menumbuhkan jiwa kepengawasan dalam masyarakat, seperti tagline Bawaslu yakni “Bersama Rakyat Awasi Pemilu”.

“Semoga dengan sosialisasi ini dapat menumbuhkan jiwa kepengawasan dalam jiwa semua peserta,” pesan Kordiv Pengawasan Bawaslu Badung tersebut sembari menutup kegiatan. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.